Jumat, 05 Oktober 2018

Definisi Pengantar Teknologi Sistem Cerdas


Sistem cerdas yaitu sistem yang dapat mengadopsi sebagaian kecil tingkat kecerdasan manusia untuk dapat berinteraksi dengan keadaan eksternal pada suatu sistem. Sebagian kecilnya yaitu dari tingkat kecerdasannya : kemampuan agar dapat dilatih, mengingat kembali pada kondisi yang pernah dialami, mengolah sebuah data - data agar dapat memberikan aksi yang tepat sesuai dengan yang telah kita tanamkan pada chip, dan kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli melalui perintah yang dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu.
Pengantar Teknologi Sistem Cerdas yaitu serangkaian system yang di bangun manusia untuk memudahkan pekerjaan manusia dengan mengandalkan mesin atau sebuah program yang terkomputerisasi. atau biasa juga disebut dengan kecerdasan buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan dapat diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Sistem Cerdas dapat dibagi menjadi beberapa bagian:

1. Knowledge-base yaitu pengetahuan yang spesifik mengenai  domain tertentuyang mana basis pengetahuan ini dapat diperbaharui sesuai dengan tingkat kemampuan seorang expert terhadap pemecahan suatu masalah,
2. Mesin inferensi Inference Engine yaitu suatu program yang bertugas mengolah data  masukan sesuai pengetahuan dalam basis pengetahuan.
3. User interface yaitu bagian yang berkomunikasi langsung dengan pengguna user sistem.


Sejarah Teknologi Sistem Cerdas di Indonesia

Pada awal abad ke 17 RenĂ© Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Blaise Pascal sudah menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama pada 1642. Pada 19, Charles Babbage danAda Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat deprogram. Dan pengemuka sejarah pada abad tersebut. Dan Pada Tahun 1950-an periode usaha sudah mengaktif dalam AI. Program AI pertama yang tertulis pada 1951 bertujuan untuk menjalankan suatu mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): yaitu sebuah program permainan yang naskahnya ditulis oleh Christopher Strachey dan suatu program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John. McCarthy membuat istilah yaitu "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, Dia juga menemukan bahasa pemrograman yaitu Lisp.

Selama tahun 1960-an hingga1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan sebuah kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan sebuah masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika.Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan  Alain Colmerauer sudah mengembangkan bahasa komputer Prolog. Dan Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama.


Pada tahun 1980-an, jaringan syaraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan olehPaul John Werbos pada 1974. Dan pada tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang yaitu AI dan demonstrasi berbagai macam-macam aplikasi. Khususnya Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA sudah menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk sebuah unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS. Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih yang dapat melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.

Penerapan dalam kehidupan sehari-hari

Dalam modern seperti sekarang ini sudah banyak macam teknologi system cerdas yang bisa kita temukan di sekeliling kita, bahkan tanpa kita sadari kegiatan sehari-hari yang kita lakukan merupakan penerapan teknologi system cerdas, contohnya :

Vending machine



Vending machine yaitu mesin yang dapat kita gunakan untuk mengeluarkan/menjual suatu produk secara otomatis tanpa menggunakan operator. Dengan itu operator tidak perlu lagi menunggu mesin. Tetapi hanya dengan bertugas mengis, memeriksa ketersedian yang terdapat pada mesin vending machine dan memeriksa mesin.

Nah cara kerja pembayaran Vending Machine yaitu dengan melakukan permbayaran ( baik menggunakan uang maupun menggunakan system lainnya ), kepada mesin kemudian memilih produk, setelah itu yang sudah kita pilih bisa kita ambil.

Kesimpulan

Jadi dapat saya sampaikan sangat terbukti kalau system cerdas sangat dapat membatu manusia untuk memudahkan suatu pekerjaan dengan meggunakan robot yang di buat sehingga memiliki kecerdasan dan ketelitian yang maksimum, dan sangat dapat membantu/ mempermuda dalam ke hidupan sehari – hari, terutama masalah dengan waktu, seperti yang kita sudah ketahui mengantri dapat lebih cepet.

Daftar Pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar